Kamis, 10 September 2015

Madu vs Gula, dimana perbedaannya?


Keduanya adalah pemanis yang mengandung glukosa dan fruktosa. Namun, untuk gula, dalam proses produksi, asam organik, protein, unsur nitrogen, enzim dan vitamin dalam tebu hancur, sedangkan maduadalah pemanis alami yang tidak mengalami proses pemanasan seperti gula meja. Madu juga memiliki antioksidan yang menguntungkan dan sifat antimikroba yang tidak ada pada dalam gula meja.

Ganti Gula anda Dengan Madu
Berikut adalah tiga fakta tentang kandungan gizi pada madu yang akan membuat Anda merasa perlu untuk mengkonsumsi madu:
 
1.  Satu sendok makan gula meja atau sukrosa mengandung 46 kalori, sedangkan satu sendok makan madu mengandung 64 kalori.
2.  Gula meja adalah sukrosa, yang terdiri dari dua molekul yang saling terikat. Ketika kita makan gula meja, tubuh kita harus menggunakan enzim untuk memisahkan molekul tersebut agar tubuh kita dapat menggunakan energi gula itu. Berbeda dengan madu. Lebah telah menambahkan enzim khusus pada nectar madu yang dapat membagi sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa - dua gula sederhana yang dapat diserap langsung oleh tubuh kita sebagai energi.
 
3.  Tidak seperti madu, gula meja sedikit sekali kandungan mineral dan vitamin (karena itu sudah sering disebut kalori kosong), sehingga menggunakan nutrisi yang ada ditubuh untuk dimetabolisme ke dalam sistem. Ketika nutrisi ini semua habis, terjadi metabolisme tubuh atas kolesterol yang tidak diinginkan dan asam lemak terhambat, yang berdampak pada kolesterol tinggi dan menyebabkan obesitas akibat asam lemak yang lebih tinggi pada organ dan jaringan. Itu sebabnya tidak jarang untuk orang gemuk menderita kekurangan gizi dan masalah kesehatan lainnya yang terkait. 

Karena kelebihannya maka tidak ada alas an lagi bagi anda yang ingn menjaga kesehatan untuk menggati gula meja anda dengan madu. Walaupun madu memiliki rasa yang agak sedikit berbeda dengan gula meja. Semoga Bermanfaat :D

Artikel Terkait

Madu vs Gula, dimana perbedaannya?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email